Saturday 5 November 2016

Menanam Philodendron di Tempat Terbuka

Jika anda ingin menanam Philodendron di Tempat terbuka, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut Flora Asri Lestari akan berikan informasinya:

1.       Persiapan dan Pemilihan Bibit

Kegiatan ini mencakup penentuan lokasi penanaman, apakah sesuai dengan sifat hidupnya, perkembangan tanaman jika telah dewasa dan memprediksi besarnya tanaman sehingga tidak mendominasi area dan merugikan tanaman lainnya.

Philodendron

Berikutnya adalah memilih bibit yang akan ditanam. Periksa kembali apakah tanaman mempunyai bagian yang lengkap, yaitu akar yang sehat, batang yang kuat dan pertumbuhan daun yang subur. Penentuan bibit yang sehat ini akan mempengaruhi pertumbuhan dan kegiatan pemeliharaan.

2.       Mengolah Tanah

Mengolah tanah dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Untuk bibit kecil hingga sedang, kegiatan yang dilakukan adalah mencangkul tanah sedalam minimal 20 cm agar gembur. Ketika mencangkul, tanah sebaiknya dibalik supaya bagian bawah ke atas, untuk memperbaiki aerasi tanah dan membuang gas-gas merugikan yang terdapat di dalam tanah.

3.       Persiapan tanam

Setelah tanah diolah, taburkan sedikit furadan untuk menekan kehadiran rayap dan semut di lokasi penanaman. Taburkan sekitar setengah hingga satu sendok makan secara merata, lalu lapisi dengan tanah. Berikutnya tanah diberi pupuk dasar, yaitu pupuk kandang sekitar seperempat kilogram untuk satu lubang tanaman dewasa atau dicampur dengan satu sendok makan pupuk NPK seimbang. Jika tanah terlalu keras, miskin unsur hara, dan terlalu liat, tambahkan kompos secukupnya.

4.       Penanaman

Setelah area tanaman siap ditanam, buatlah lubang penanaman sesuai dengan ukuran tanaman yang akan ditanam, untuk memudahkan, ukuran lubang tanam minimal selebar diameter sebaran akar bibit tanaman. Setelah ditanam, padatkan tanah di sekitar batang dan akar agar tanaman dapat berdiri dengan tegak. Lalu siramlah tanaman.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menanam tanaman Philodendron di tempat terbuka, semoga bermanfaat. Semoga sukses! J


No comments:

Post a Comment